Cara Merawat Perabotan Mebel Supaya Awet dan Tetap Indah

Cara Merawat Perabotan Mebel Agar Awet

Perabotan berbahan dasar kayu memang terlihat menarik. Perabot seperti ini memang cocok untuk yang suka dengan sesuatu bernilai klasik. Kendati indah, ternyata perabotan seperti ini harus dirawat dengan tepat. Dan inilah cara merawat perabotan mebel.

Furniture berbahan kayu dibuat dari kayu yang berusia cukup lama. Mulai dari sepuluh hingga dua puluh tahun. Bila dilihat dari umur kayu, harusnya perabotan ini sangat awet hingga ratusan tahun. Tetapi kenyataan terkadang tak seindah harapan.

Yang harusnya awet hingga puluhan hingga ratusan tahun, malah bisa luntur keindahannya dalam beberapa tahun saja. Mengapa? Sayangnya, hal ini bisa terjadi hanya karena perawatan yang tidak tepat.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli perabotan berbahan kayu dari Asia Furniture, sejak saat itu Anda harus berkomitmen. Anda harus paham bahwa perabotan ini butuh perawatan khusus. Yang mana tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Lalu bagaimana cara merawat perabotan kayu yang tepat? Tenang, Anda akan segera dapatkan informasinya dari artikel ini. Jadi simak hingga tuntas ya!

Cara Merawat Perabotan Mebel Agar Awet

Cara Merawat Perabotan Mebel Agar Awet
Perabotan Mebel Jepara

Perabotan dengan bahan kayu, khususnya kayu jati itu harganya mahal. Bagaimana tidak mahal, untuk mendapatkan bahan saja dibutuhkan waktu setidaknya 20 tahun. Belum lagi cara pembuatannya pun rumit.

Sesuatu yang  bernilai tinggi pasti harganya ikut tinggi. Jadi pantas bila furniture kayu jati harganya tinggi. Selain itu, supaya tetap tampak klasik dan menarik, furniture ini harus dirawat dengan tepat.

Kalau tidak tepat perawatannya, bisa-bisa dalam hitungan tahun sudah tampak usang. Padahal baru dibeli. Duh, Anda tidak bisa membiarkan hal ini. Itulah mengapa Anda harus tahu cara merawat perabotan mebel agar terus awet. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

  • Bersihkan Furniture secara Teratur

Anda harus bersihkan dari debu setiap hari. Karena debu yang menempel terlalu lama akan menghilangkan efek mengkilap dari pelitur. Apalagi bila debu itu sudah menumpuk berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Anda bisa kain lap atau kemoceng berbahan lembut. Cukup lap tiap pagi. Lalu ada pula perawatan mingguan, yakni membersihkan perabotan menggunakan lap basah.

Baca Juga : Ini Lho Jenis-Jenis Kayu Jati untuk Furniture Mebel

Debu yang masih menempel diharapkan bisa bersih total setelah dilap menggunakan kain basah. Jadi lakukan dua perawatan ini secara berkala ya!

  • Letakkan di Tempat Kering

Letakkan di tempat kering yang bersuhu normal. Karena bila lingkungan terlalu lembab, takutnya akan mempengaruhi kualitas kayu. Yang seharusnya bisa bertahan puluhan tahun, bisa-bisa dalam hitungan tahun sudah lapuk.

Anda tidak mau ini terjadi kan? Jadi tempatkan di lokasi tepat. Di ruang tamu yang sirkulasinya cukup. Sehingga perabotan akan akan terus awet. Jadi pastikan ruangan memiliki sirkulasi yang baik bila hendak ditempati dengan furniture.

Produk Lain : Kamar Set | Kursi Sofa Rotan | Box Bayi

  • Segera Bersihkan Noda

Bila ada noda nangkring di atas perabot, bersihkan segera. Jangan tunda-tunda karena bila dibiarkan akan segera meninggalkan bekas. Kalau berbekas cukup kentara, Anda harus mengeluarkan uang untuk mempelitur ulang. Ini tentu akan menghabiskan cukup dana.

Oleh karena itu, baiknya noda segera ditangani. Supaya tidak meninggalkan noda dan bekas yang akan mengurangi keindahannya. Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila memiliki perabotan berbahan dasar kayu. Memang perlu perawatan ekstra, tetapi sepanjang bisa dilakukan, mengapa tidak? Bila Anda ingin perabotan tetap aman, pastikan simak cara merawat perabotan mebel dan segera praktikkan. Selamat mencoba.

error: Content is protected !!

Main Menu