Ini Lho Jenis-Jenis Kayu Jati untuk Furniture Mebel

Halo, apakah Anda membutuhkan furniture untuk melengkapi rumah Anda? Kalau benar, Anda sudah berada di sebuah laman yang tepat. Kami penyedia berbagai furniture untuk berbagai keperluan. Kali ini kami akan beritahukan kepada Anda mengenai jenis-jenis kayu jati untuk furniture mebel. Mohon disimak ya!

Kalau ditanya mengenai furniture, kebanyakan orang memilih yang berbahan dasar kayu jati. Orang awam sekali pun bahkan sudah tahu kalau kayu jati yang terbaik. Tetapi nyatanya kayu jati pun terbagi atas beberapa jenis. Yang mana tiap jenis kayu akan memberikan kualitas berbeda.

Kali ini kita akan belajar mengenai jenis-jenis kayu jati. Kalau Anda tahu jenisnya kan bila lebih tahu juga spesifikasi furniture pilihan Anda. Kalau tahu, Anda bisa memprediksi dan menilai kira-kira apakah harga tertentu cocok untuk spesifikasi furniture tertentu.

Maka mari langsung kita bahas saja. Tetapi pastikan cek katalog Asia Furniture dulu ya! Karena ada banyak sekali pilihan furniture yang sangat serasi dengan rumah Anda. Mari dicek terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Kayu Jati untuk Furniture Mebel

 Jenis-Jenis Kayu Jati untuk Furniture Mebel
Jenis-Jenis Kayu Jati untuk Furniture Mebel

Bagi orang awam, kayu jati ya kayu jati. Kalau furniture dibuat dari kayu jati pastilah sudah bagus. Otomatis bagus,  namanya juga kayu jati. Tetapi mereka tidak pernah tahu kalau kayu jati pun masih terbagi atas beberapa jenis.

Berbeda jenis berarti berbeda kualitas. Anda nanti tinggal memilih ingin membeli dengan kualitas yang mana. Pun berbeda kualitas akan berbeda harga pula. Kalau sudah tahu terbuat dari kayu jati yang mana pastinya lebih enak ketika hendak membeli.

Lantas apa saja jenis-jenis kayu jati untuk furniture mebel? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Kayu Jati Perhutani

Kalau Anda ingin mendapatkan kayu jati kualitas terbaik, tentu kayu jati perhutani jawabannya. Mengapa begitu? Karena kayu jati ini diawasi langsung oleh pihak yang kompeten dalam bidangnya.

Hutan jati yang dikelola oleh Perhutani diatur dengan cara terbaik. Pemeliharaan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Sehingga kayu yang dihasilkan tidak diragukan lagi kualitasnya.

Baca Juga : Kursi Cafe | Tempat Tidur Tingkat | Kursi Makan Rotan

Untuk memanen kayu jati perhutani, dibutuhkan paling tidak 20 tahun. Bahkan hingga ratusan tahun. Pun tidak sembarangan bisa dipanen, kalau bukan yang terbaik maka tidak akan dipanen.

Mau tahu kelemahan dari kayu ini? Ya, kelemahan mutlak terletak pada harga. Harga kayu jati ini paling mahal. Namun, tentu sebanding dengan kualitasnya yang terbaik.

  • Kayu Jati Emas

Sesuai dengan namanya, kualitas kayu jati ini pun cukup baik. Meski tidak sebaik kayu jati perhutani. Kalau mau mendapat kayu jati berkualitas bagus tetapi tidak semahal versi perhutani, maka ini solusinya.

Umur satu pohon mencapai 15 tahun. Batang dan rantingnya lurus, tetapi memang ada banyak bagian bercekung pada bagian pangkal. Sehingga tidak bisa dipotong sampai bagian paling bawah.

Kalau diukur tingkat keawetannya, nilainya standar. Berada pada titik tengah. Lumayan bila digunakan untuk membuat berbagai perabot kebutuhan rumah.

  • Kayu Jati Rakyat

Harga kayu jati ini adalah yang paling murah. Masa pertumbuhan agak lebih lama, sekitar 25 tahun. Karena umurnya lama, pori-pori dari kayu jati ini menjadi lebih padat.

Harga kayu jati ini relatif paling murah dibandingkan dua di atas. Hanya saja kadar air cukup tinggi. Sehingga terkesan tidak terlalu awet.

Itulah jenis-jenis kayu jati untuk furniture mebel. Jadi Anda sudah tentukan mau beli yang mana? Anda bisa memilih perabotnya dari Asia Furniture. Selamat berbelanja di AsiaFurniture.id ®

Jenis Kayu Lainnya :

Kayu Jati

Kayu Mahoni

Kayu Sungkai

Kayu Sonokeling

Kayu Akasia

Kayu Sengon

Kayu Ulin

Kayu Pinus

error: Content is protected !!

Main Menu